Mikwa Institut

Beasiswa KIP Kuliah 2024

Program KIP Kuliah adalah pemberian bantuan kepada mahasiswa yang kurang mampu dan memiliki prestasi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN). Bentuk bantuannya adalah bantuan sosial berupa uang yang diluncurkan kepada mahasiswa penerima program.

  1. Penerima program KIP Kuliah mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 6.600.000,- (enam juta enam ratus ribu rupiah) permahasiswa persemester, selama 8 semester.
  2. Alokasi dana bantuan tersebut, meliputi:
    1. Bantuan biaya hidup (living cost) yang diserahkan kepada mahasiswa sebesar Rp 700.000,- (tujuh ratus ribu rupiah) perbulan. Total dana yang diterima mahasiswa dalam satu semester adalah sebesar Rp 4.200.000,- (empat juta dua ratus ribu rupiah).
    2. Bantuan Biaya Pendidikan sebesar Rp 2.400.000,- (dua juta empat ratus ribu rupiah) persemester per mahasiswa.
    3. PTKIN dapat membuat kebijakan pengelolaan bantuan biaya hidup tersebut pada poin a) untuk program capacity building mahasiswa penerima KIP Kuliah.
  1. Mahasiswa baru PTKIN 2024
  2. Sudah mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) yang artinya telah menyelesaikan proses Registrasi Ulang hingga pelunasan pembayaran UKT satu semester di Prodi mahasiswa yang bersangkutan.
  3. Memiliki potensi akademik memadai serta kurang mampu secara ekonomi.
  4. Berprestasi akademik dan/atau non-akademik baik dan direkomendasikan oleh madrasah/sekolah asal.
  5. Mengisi formulir pendaftaran secara online dan menyerahkan berkas offline ke  bagian Mikwa Institut IAIN Palangka Raya.
  6. Tidak terlibat dan/atau terindikasi mengikuti kegiatan/organisasi anti Pancasila dan NKRI dibuktikan dengan penandatangan pakta integritas.
  7. Mampu membaca Al-Qur`an.
  8. Tidak menikah selama menerima bantuan KIP Kuliah.
  1. Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar;
  2. Surat keterangan lulus dari Kepala Madrasah/Sekolah;
  3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Madrasah/Sekolah;
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Madrasah/Sekolah(kalau belum dikeluarkan pihak sekolah tidak perlu dilampirkan);
  5. Menunjukkan prestasi yang telah dicapai di SLTA dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan lainnya;
  6. Menunjukkan penghasilan orang tua/wali bagi calon penerima yang tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar untuk PIP/Kartu Keluarga Sejahtera untuk PKH
  7. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga;
  8. Fotokopi Rekening Listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik)dan/atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali;
  9. Berkas pendaftaran dikumpul dalam 1 map bebas (diberi nama, nim dan prodi, fakultas dan No WA Aktif);
  10. Berkas diserahkan Ke Mikwa Institut, Jam Pelayanan SENIN – JUM’AT (08:00 – 16:00 WIB).

Pendaftaran KIP Kuliah di IAIN Palangka Raya untuk seluruh jalur masuk (SPAN – PTKIN, UM – PTKIN dan Mandiri) dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah yaitu https://kip-kuliah.iainplk.ac.id

Sebelum klik tautan/link di atas, pastikan saudara telah menyelesaikan proses Registrasi Ulang dengan membayar biaya registrasi untuk 1 (satu) semester dengan dibuktikan telah mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) IAIN Palangka Raya

  1. Rekrutmen Baru Calon Penerima Program KIP Kuliah melalui Jalur Seleksi yang berlaku di PTKIN Program KIP Kuliah masing-masing.
  2. Berkas hasil seleksi Calon Penerima Program KIP Kuliah Rekrutmen Baru disimpan oleh PTKIN Program KIP Kuliah.
  3. Hasil seleksi selanjutnya ditetapkan oleh pimpinan PTKIN Program KIP Kuliah.

PENDAFTARAN:

Mulai tanggal 05 April 2024 – 31 Juli 2024

*jadwal bisa berubah sewaktu-waktu.

info lengkap bisa hubungi kontak dibawah ini

Admin 1 : 0821 5480 5005
Admin 2 : 0812 5670 857
Admin 3 : 0821 6288 4372

  1. Rektor/Ketua PTKIN Program KIP Kuliah mengirimkan daftar nama penerima program KIP Kuliah kepada Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
  2. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam selaku PPK menetapkan penerima program KIP Kuliah dan disahkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

ayo kuliah di iain palangka raya

Terdepan, Unggul, Berkarakter

Hai ada yang bisa MIKWA bantu ?